AIR MURNI RO

| Jernih, Murni, Sehat dan Hemat |

Pemerintah Wajibkan Air Minum Dalam Kemasan Penuhi SNI

Antara News, 24 Juli 2009 20:29 WIB

Jakarta (ANTARA News) – Pemerintah cq Departemen Perindustrian (Depperin) menerapkan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) wajib memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) mulai Januari tahun depan.

fahmi-idris080607-12Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Menperin) Nomor 69 Tahun 2009 tentang Pemberlakuan SNI (AMDK) secara wajib, yang ditandatangani pada 3 Juli 2009 oleh Menperin Fahmi Idris. Peraturan itu, berlaku terhitung enam bulan setelah penandatanganan Permenperin tersebut.

Dalam peraturan yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat, tersebut Menperin Fahmi Idris menyebutkan peraturan tersebut dibuat untuk mendorong peningkatan daya saing, menciptakan persaingan usaha yang sehat, keselamatan konsumen dan melestarikan fungsi lingkungan hidup.

“Pelaku usaha yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan dalam Peraturan Menteri ini dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan,” katanya.

Menperin menetapkan dalam pelaksanaanya produsen AMDK harus menetapkan SNI dan memiliki SPPT- SNI. Selain itu, mereka juga diwajibkan membubuhkan tanda SNI AMDK pada setiap produk kemasan dan atau label serta membubuhkan tulisan air mineral atau air demineral pada setiap kemasan dan atau label.

Bagi pelaku usaha yang telah memiliki SPPT-SNI AMDK sebelum pemberlakuan Permenperin harus menyesuaikan produksi dan SPPT-SNI-nya berdasarkan ketentuan dalam Permenperin selambatnya 12 bulan sejak Juli ini.

Sementara itu Ketua Umum Asosiasi Industri AMDK (Aspadin) Willy Sidharta mengatakan industri AMDK siap melaksanakan ketentuan tersebut. Menurut dia, pemerintah mengeluarkan peraturan itu untuk memastikan jaminan mutu AMDK.

Ia mengatakan sampai saat ini industri AMDK tumbuh dengan baik di tengah krisis. Tahun ini Aspadin memperkirakan pertumbuhan kinerja sebesar 10 persen dari total omset tahun lalu yang tercatat 12,4 miliar liter.(*)

25 July, 2009 - Posted by | Liputan Media

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: