AIR MURNI RO

| Jernih, Murni, Sehat dan Hemat |

Minum Delapan Gelas Sehari, Mitos Belaka?

Kompas, 3 April 2008

KEBIASAAN meminum air putih delapan gelas setiap hari mungkin sudah sejak lama dianjurkan dan bahkan telah berkembang menjadi sebuah mitos yang sangat kuat di kalangan masyarakat.  Betapa tidak, menenggak air putih secara teratur memang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
Namun begitu, para ahli ginjal dari Universitas Pennsylvania di Amerika Serikat belum lama ini menyatakan ketidaksetujuannya dengan anggapan tersebut.   Menurut mereka, bukti medis akan manfaat meminum delapan gelas air putih atau lebih setiap hari tidaklah kuat alias masih meragukan.
Untuk membuktikan pendapatnya, Dr. Stanley Goldfarb serta Dr. Dan Negoianu dari Divisi Renal, Elektrolit dan Hypertensi  Universitas  Pennsylvania Philadelphia  melakukan tinjauan literatur ilmiah tentang manfaat meminum delapan gelas air setiap hari.
Tinjauan ini menganalisa berbagai sampel penelitian yang berkaitan dengan manfaat air putih seperti memperbaiki kulit , menurunkan berat badan serta detoksifikasi.
Hasil kajian Dr. Stanley Goldfarb cs menunjukkan, tak ada satu hasil riset pun berkaitan langsung dengan manfaat air putih, atau dengan kata lain tak ada satu pun riset yang menganjurkan bahwa orang sehat memang membutuhkan rata-rata delapan gelas air minum per hari.
¨Bahkan, masih belum jelas dari mana rekomendasi ini berasal,¨ ungkap peneliti yang memuat hasil temuannya dalam Journal of the American Society of Nephrology.
Para peneliti mengakui jika pihaknya menemukan bukti bahwa orang yang dalam kondisi cuaca panas, iklim kering atau para atlet membutuhkan asupan air minum lebih banyak.  Selain itu, ada beberapa riset  yang menunjukkan meminum banyak air putih dapat  membantu tubuh menguras garam dan urea.
Namun begitu, kata peneliti, hingga sat ini belum ada satu pun penelitian yang menunjukkan manfaat signifikan terhadap organ tubuh dengan menambah jumlah asupan air minum .
Dr. Negoianu dan Goldfarb juga melakukan investigasi pada  teori yang menyebutkan meminum banyak air membuat Anda kenyang dan sehingga mengekang selera makan.
Para pendukung pendapat ini mengatakan cara ini dapat mambantu menjaga berat badan yang sehat dan melawan obesitas.  Namun begitu,  bukti untuk klaim yang satu ini tetap bersifat meragukan.
Sejauh ini belum ada uji coba klinis yang didesain khusus yang dapat mengukur dampak asupan air minum terhadap perawatan berat badan. Sakit kepala juga seringkali diakibatkan oleh kekurangan atau kehilangan cairan, namun masih sedikit  data yang bisa mendukung teori ini, menurut para peneliti.
Peneliti menegaskan bahwa meminum banyak air secara sederhaa aka membuat Anda membuang lebih banyak melalui ginjjal, namun bukan berati Anda sedang membuang lebih banyak racun.
¨Tugas ginjal adalah membersihkan racun, itulah apa yang ginjal lakukan.  mereka melakukanya sangat efektif dan mereka melakukannya secara independen tanpa tergantung seberapa banyak air yang Anda minum.  Ketika Anda minum banyak, yang anda lakukan hanyalah mengeluarkan banyak urin tetapi tidak banyak racun dalam urin,¨ terang Goldfarb.

AC
Sumber : BBC

6 November, 2008 - Posted by | Liputan Media | ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: