AIR MURNI RO

| Jernih, Murni, Sehat dan Hemat |

Cara memilih air minum isi ulang yang baik

Saat ini di antara kita pasti tidak sedikit yang mengkonsumsi air minum isi ulang. Apalagi saat ini harga air minum dalam kemasan semakin mahal. Memang membeli air minum dari depot isi ulang bisa menjadi salah satu solusi. Mendapatkannya juga tidak sulit karena banyak sekali depot yang ada di sekitar kita. Namun ada baiknya anda perhatikan beberapa hal berikut ini, agar bisa memperoleh air minum yang aman untuk di konsumsi.

  • Amati bagaimana keadaan fisik depot. Bila kelihatan sudah kumuh dan jorok. Ini sudah merupakan salah satu indikasi bahwa yang punya depot tidak peduli terhadap kebersihan dan kesehatan. Hal ini sudah merupakan cerminan bagaimana ia memperlakukan air yang akan di proses air di depotnya.
  • Bagaimana galon di cuci. Ini merupakan salah satu hal yang penting sekali, karena sebaik apapun kualitas air minum yang dihasilkan oleh depot tersebut tidak akan ada artinya bila wadah (galon) anda kotor. Ini namanya terjadi pencemaran ulang. Jadi pastikan galon anda di cuci bersih dan di bilas dengan air yang telah di proses. Karena bila yang di pakai untuk membilas adalah air yang belum di proses berarti ada air “mentah” yang tersisa di dalam galon.
  • Bagaimana proses pengisian ke galon. Bakteri dan kotoran selalu ada di udara, jadi dalam proses pengisian yang baik harus di ruang kaca tertutup. Hal ini untuk menjamin tidak ada kotoran dari udara yang masuk ke dalam galon.
  • Tanyakan adakah sertifikasi. Baik itu dari Departemen Kesehatan atau laboratorium lainnya yang menyatakan bahwa air tersebut bisa langsung di minum sesuai standar yang telah ditetapkan pemerintah. Umumnya pemeriksaan dari Laboratorium meliputi 3 kategori utama yaitu Fisika, Kimia dan Biologi.
  • Lihat, cium dan rasakan. Bila terlihat warna yang lain selain bening berarti sudah tidak layak di minum. Air minum tidak boleh ada bau. Dan terakhir rasakan air tersebut anda akan bisa bedakan mana yang baik dan tidak.
  • Tes mengunakan TDS Meter. Umumnya air minum isi ulang dari pegunungan (air mineral) berkisar 30 s/d 80 ppm, jika air murni RO sekitar 02 s/d 30 ppm. Namun ini hanya merupakan salah satu parameter saja dari air minum tersebut. Jika anda tidak ada alat tes tersebut, amati saja dari penggunaan air tersebut sehari-harinya.

Semoga bermanfaat bagi anda yang akan menggunakan air minum isi ulang.

21 November, 2008 - Posted by | Info Sehat, Tips & Solusi |

5 Comments »

  1. Blog anda cukup bagus dan menarik, jarang saya baca artikel tentang air khususnya air untuk konsumsi, info anda sangat bermanfaat. Soalnya beberapa bulan ini kami beralih menggunakan air minum isi ulang, habis air minum Aq** harganya naik terus sedangkan saya sekeluarga mengkonsumsi 12-15 galon perbulan, cari cara hemat dan cerdas ya dengan air minum isi ulang

    Salam sukses

    Comment by jpurnomo | 9 December, 2008

  2. Terima kasih atas informasinya, kebetulan saya ada usaha air minum isi ulang, tulisan bapak menginspirasi saya untuk lebih meningkatkan mutu depot amiu saya.

    Comment by aerobtm | 15 March, 2009

  3. thanks informnya, tulisan bapak sangat bermanfaat bagi saya selaku pemilik depot ro

    Comment by rojikin | 12 April, 2009

  4. memang air minum penting sekali bagi kehidupan. apalagi air minum isi ulang yang tidak higienis dapat menimbulkan sakit.
    tapi permasalahannya kan ada pada penduduk kota yang memang susah mendapatkan sumber air bersih. bagi masyarakat pedesaan yang sumber airnya masih baik, tentunya tidak ada problem kan?

    Comment by Jamil | 28 October, 2009

  5. Masukan yg sangat bagus buat kt yg setidaknya punya rencana pembuatan depot airminum isi ulang

    Comment by Miyanto | 10 January, 2010


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: